Rabu, 06 Juli 2011

SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU

SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU
Secara harfiah yang namanya sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu “socius” yang berarti teman atau kawan dapat juga diartikan sebagai pergaulan hidup manusia atau masyarakat dan “logos” yang berarti  ilmu dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu tentang hubungan antara teman dan teman secara lebih luas sosiologi juga bisa kita artikan ilmu tentang masyarakat. Objek kajian dari sosiologi adalah manusia, tetapi manusia itu mempunyai banyak aspek diantaranya, aspek fisik, aspek psikis, sosial dan rohani. Oleh karena itu manusia tidak hanya merupakan objek kajian sosiologi melainkan juga objek kajian ilmu-ilmu lainnya.
Sosiologi mempelajari manusia dari aspek sosial yang kita yang kita sebut masyarakat. Manusia merupakan makhluk sosial yang berinteraksi dengan orang lain dalam kelompok masyarakat. Dalam interaksi sosial tersebut timbul nilai-nilai dan norma-norma yang dianut oleh anggota-anggotanya.
Sosiologi telah memenuhi sarat-sarat ilmu yang dikatakan bahwa sosiologi sebagai ilmu, sosiologi merupakan ilmu yang berdiri sendiri yang objeknya masyarakat. Dikatakan berdiri sendiri karena sosiologi telah memenuhi segenap unsur dan sifat ilmu pengetahuan yakni, empiris, teoritis, kumulatif, dan nonetis.
Latar belakang lahirnya sosiologi adalah perubahan masyarakat di eropa barat akibat revolusi industri (inggris) dan revolusi perancis bakal membawa kemajuan bagi semua anggota masyarakat dengan munculnya revolusi industri pola-pola tradisional ditinggalkan dan munculah teknologi baru yang mempermudah sekaligus meningkatkan produksi masarakat dan dengan demikian dapat meningkatkan taraf hidupnya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar