Jumat, 24 Juni 2011

PERAN GURU

 
Guru adalah orang yang berjasa dalam pendidikan, guru merupakan sosok pigur yang bisa memberikan contoh yang baik kepada siswanya tapi terkadang ada juga guru yang memberikan contoh buruk kepada siswanya yang mengakibatkan siswa akan terbawa jelek dalam gaya hidupnya. Menjadi seorang guru adalah sebuah peran yang sangat berat untuk di miliki, karena guru adalah suri tauladan bagi siswanya apapun style yang ditampilkan oleh guru kepada siswanya mereka akan mengikutinya karena peran guru dimata siswa adalah suri tauladan dan sumber contoh bagi mereka. Adapun tugas dan kewajiban yang dimiliki oleh guru adalah mendidik dan mengajar , kewajiban yang kesatu yaitu mendidik yang artinya memberikan dan mengarahkan siswa untuk menjadi orang yang memiliki budi pekerti baik, dan tugas seperti ini bisa juga dilakukan oleh orang tuanya dirumah, pada dasarnya peran guru di sekolah itu seperti peran orang tua murid dirumah, makanya guru bisa juga disebut orang tua kedua bagi siswanya. Banyak contoh dari kesalahan guru dalam proses pembelajarannya terhadap siswa seperti ada siswa yang memiliki daya intelektual yang tinggi, tetapi ada sedikit yang kurang yaitu dia memiliki sifat bandel atau dia tidak memiliki rasa sopan santun dia pintar dalam belajarnya tapi dia memiliki karakter jahat dalam dirinya, nah ini adalah sebuah keasalahan dari seorang guru, karena dia tidak bisa mendidik siswanya dengan baik.
Kewajiban yang kedua yaitu mengajar, mengajar sebenarnya adalah sebuah pekerjaan yang tidak gampang, karena didalam mengajar guru dituntut untuk bisa memberikan pengajaran kepada siswanya dengan baik dan bagaimana pengajarannya itu bisa dipahami oleh siswanya tidak heran banyak sekali siswa yang suka merasa ngeluh ketika belajar dikarenakan guru mengajarkannya tidak jelas  dan banyak juga siswa yang malas untuk belajar dikarenakan guru tidak bisa menjelaskan materinya dengan baik yang akibatnya siswa banyak yang bodoh, tidak heran tingkat kelulusan disekolah semakin menurun disetiap sekolah karena siswa itu tidak bisa menjawab soal-soal dengan benar.
Dalam tugas mengajar guru sebaiknya harus mempersiapkan administrasinya terlebih dahulu, seperti Silabus, RPP,Promes, Prota Buku sumber dan sebagainya  karena administrasi ini memiliki tujuan sangat penting yaitu untuk mengarahkan guru bagaimana tatacara dalam mengajarkan materi  dan bagaimana materi itu bisa dipahami oleh siswa. Dizaman sekarang banyak sekali guru dalam mengajar tidak memperdulikan administrasinya, mereka mengajar semaunya aja tanpa memikirkan pencapaian-pencapaian apa saja yang harus siswa tempuh setelah pembelejaran yang akhirnya siswa akan salah kaprah dalam menanggapinya.
Berdasarkan analisa saya ada juga kasus lain seperti guru mengajarkan materi tidak sesuai dengan keahliannya contonya Guru PAI mengajarkan pelajaran Geografi, dalam proses pembelajarannya tidak sesuai apa yang siharapkan sehingga banyak siswa yang merasa ngeluh karena pengajarannya yang tidak jelas . hal ini sangat penting kita perhatikan bahwa keahlian itu sangat penting karena itu menyangkut kinerja dalam mengajar. Saya pernah melihat beberapa sekolah yang melakukan  itu, mungkin karena alasan bahwa tidak ada lagi guru yang mengajarkan pelajaran tersebut sehingga dipakailah guru yang tidak sesuai keahliannya dengan pelajaran tersebut. Hal ini sangat memprihatinkan sekali bagi pendidikan di Negara kita ini.
Bagi anda yang sudah menjadi seorang guru saya berharap anda bisa menjadi orang yang konsekuen terhadap tugas anda, Karena kesuksesan pendidikan di  Negara kita bergantung pada kinerja guru dan siswanya, dan bagi anda yang calon guru atau memiliki tujuan ingin menjadi seorang guru saya sarankan anda untuk lebih mempersiapkan diri anda tentang tugas penting dari seorang guru dan semoga anda bisa memahami apa yang saya sudah jelaskan diatas sehingga anda akan sadar betul tentang tugas dan fungsi dari seorang guru.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar