Rabu, 22 Juni 2011

article collection



Mungkin beberapa diantara anda ada yang merasa susah dalam mempelajari sesuatu seperti halnya pelajaran-pelajaran yang ada disekolah, memang hal itu sudah tidak asing lagi mendengarnya karena ada beberapa faktor yang perlu kita ketahui seperti diantaranya adalah:
1.       Karena pikiran kita tidak fres
2.       Keadaan lingkungan belajar kita tidak nyaman
3.       Tidak adanya motivasi untuk belajar
4.       Pelajaran yang kita pelajari tidak kita sukai
5.       Tidak adanya daya pendukung untuk kita semangat dalam belajar
Faktor – faktor seperti itu memang sebenarnya terjadi dalam kehidupan kita, contohnya itu terjadi dalam diri saya, ketika itu saya ingin mempelajari pelajaran Bahasa Inggris di sekolah saya pada waktu Bahasa Inggris meneurut anggpan saya adalah pelajaran yang sangat sulit untuk dipahami karena memang bahasa inggris bukan bahasa kita, kemudian saya berfikir dan bertanya” kenapa saya suasah memahami pelajaran bahasa inggris” ?? sedangkan orang lain menganggap pelajaran itu mudah. Kemudian saya sadari dan saya mencoba untuk berusaha menganggap belajar bahasa inggris itu mudah dan menyenangkan, dan saya mencoba beberapa trik yang saya pernah lakukan pada waktu itu diantaranya.
1.       Tenangkan pikirin anda
Jika dalam proses belajar anda supaya  enak dan menyenangkan kosongkan dulu pikiran anda artinya kalau misalkan ada beberapa masalah yang sedang anda  pikirkan harus di buang jangan dulu di ingat-ingat
2.       Fokuskan pikiran anda terhadap apa yang sedang anda pelajari
Maksudnya adalah ketika anda sedang belajar pusatkan pikiran anda terhadap pelajaran anda atau konsentrasi
3.       Tatalah lingkungan belajar anda serapih mungkin
Hal ini mungkin sebagian orang kurang dperhatikan padahal hal ini berpengaruh juga dalam proses belajar anda, karena lingkungan sudah rapih itu akan membuat diri anda betah dan tidak sumpek ketika belajar. Dan bila perlu atur posisi anda supaya nyaman dan merasa pas.
4.       Tamabahlah instrument yang dapat mendukung anda agar tetap semangat dalam belajar  
Maksudnya supaya anda tidak merasa jenuh dan bosan ketika belajar anda bisa menambahkan tape atau radio mungkin hal ini sebagian orang ada yangmerasa cocok  atau tidak. Tetapi menurut analisa saya, orang yang ketika belajarnya sambil mendengarkan tape atau radio mereka merasa selalu terpacu terus dalam belajar sehingga mereka tidak pernah merasa bosan atau jenuh, bila anda  ingin menggunakan trik yang satu ini saya sarankan anda untuk memilih lagu-lagu atau nyanyian yang anda suka karena kalu nyanyian itu bukan nyanyian yang anda sukai itu akan membuat anda percumah.


5.       Perut anda harus dalam keadaan tidak lapar
Maksudnya ketika anda sedang belajar anda harus sudah makan karena  makanan adalah sumber tenaga untuk bisa berpikir, dan bilamana anda belajar dalam keadaan lapar itu akan membuat anda akan selalu gelisah dan tidak focus terhadap pelajaran yang anda sedang pelajari 
 
Itu semua adalah trik-trik yang pernah saya lakukan dan saya berharap anda bisa mencobanya semoga dengan trik-trik ini anda akan bisa mempelajari pelajaran yang mungkin dulu anda anggap susah sekarang bisa anda kuasai dengan mudah dan cepat. Trimakasih……..!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar